Kamis, 02 Agustus 2012

Cara Menghadapi Stress dalam Pekerjaan

Apakah anda sering mengalami hal-hal seperti mood yang berubah-ubah,  sering bingung, stress, depresi, menarik diri dari lingkungan dan bermasalah dengan kesehatan saat bekerja dengan penuh tekanan.
Bila jawabannya ya pada dua atau lebih pada pilihan di atas, mungkin anda saat ini berada pada ambang bahaya karena beban pekerjaan membuat anda nyaris menjadi gila. Berikut akan saya sajikan cara menghadapi stress dalam pekerjaan.
Stress Kerja
Fokus pada penyebab
Setiap orang mengalami tekanan dalam pekerjaan karena mempunyai masalah yang berbeda-beda. Oleh karena itu, solusi dalam menghadapi masalah tersebut juga bervariasi. Langkah pertama yang harus anda ambil adalah menemukan penyebab utama terjadinya masalah tersebut. Buatlah langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga anda tidak akan merasa terbebani.
Liburan
jika anda memang benar-benar sudah tidak kuat menahan beban pekerjaan, maka dapat minta cuti untuk mengadakan liburan singkat agar pikiran anda menjadi segar kembali untuk melakukan pekerjaan yang sudah menanti.
Ciptakan Keseimbangan
Buatlah keseimbangan antara pekerjaan, keluarga dan hobi pribadi. Jika anda lebih mengutamakan karir saja. Maka inilah saatnya bagi anda untuk mengubah pola pikir. Karena menempatkan karir di atas segalanya akan berakibat buruk untuk jangka waktu yang panjang.
Berbagi dengan orang lain
Di saat anda mulai merasa tertekan dalam pekerjaan, berbagilah cerita dengan orang lain, misalnya dengan anggota keluarga, teman ataupun orang lain yang anda percayai. Karena bukan anda saja yang pernah mengalami masalah dengan pekerjaan. Berbagilah dan mendapat dukungan dari orang lain merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi masalah yang sedang anda alami.
Melakukan sesuatu yang baru
Terkadang kebosanan memegang peranan penting dalam pekerjaan anda.
Untuk mengatasinya, cobalah untuk mempelajari hal-hal baru dalam pekerjaan anda atau meninjau bidang lain. Perdalam ilmu anda dengan mempelajari pekerjaan lain. Jangan ragu untuk mengetahui sesuatu yang baru, meskipun pada kenyataanya hal tersebut tidak ada hubungannya dengan profesi yang anda geluti sekarang ini.
Mintalah tambahan pekerjaan
Mungkin anda mulai merasa jenuh karena sudah tidak mendapatkan tantangan lagi dari tugas yang ada kerjakan sekarang ini. Kalau memang demikian, mintalah tambahan proyek pada atasan anda. Jika atasan anda tidak menanggapi, maka carilah proyek yang sesuai dengan minat dan bakat anda, tentunya setelah mendapat persetujuan dari atasan anda.
Delegasikan tugas
Yang ini kebalikan dari point sebelumnya. Bagaimana jika anda mendapat tugas yang terlalu banyak dan anda tidak mampu mengerjakannya? Untuk itu, mulailah membagi tugas anda kepada orang lain, dan jangan ragu untuk menolak proyek baru yang ditawarkan kepada anda, seandainya anda masih memiliki tugas yang menumpuk.
Uraian di atas merupakan cara menghadapi stress dalam pekerjaan. Anda harus bisa menghadapi masalah yang anda alami dengan kepala dingin. Cobalah tips di atas dan semoga anda bisa dengan cepat mengatasi masalah di tempat kerja anda.

0 komentar:

Posting Komentar