Apakah anda sering mengalami hal-hal
seperti mood yang berubah-ubah, sering bingung, stress, depresi,
menarik diri dari lingkungan dan bermasalah dengan kesehatan saat
bekerja dengan penuh tekanan.
Bila jawabannya ya pada dua atau lebih
pada pilihan di atas, mungkin anda saat ini berada pada ambang bahaya
karena beban pekerjaan membuat anda nyaris menjadi gila. Berikut akan
saya sajikan cara menghadapi stress dalam pekerjaan.
Fokus pada penyebab
Setiap orang mengalami tekanan dalam
pekerjaan karena mempunyai masalah yang berbeda-beda. Oleh karena itu,
solusi dalam menghadapi masalah tersebut juga bervariasi. Langkah
pertama yang harus anda ambil adalah menemukan penyebab utama terjadinya
masalah tersebut. Buatlah langkah-langkah yang harus ditempuh untuk
menyelesaikan pekerjaan sehingga anda tidak akan merasa terbebani.
Liburan
jika anda memang benar-benar sudah tidak
kuat menahan beban pekerjaan, maka dapat minta cuti untuk mengadakan
liburan singkat agar pikiran anda menjadi segar kembali untuk melakukan
pekerjaan yang sudah menanti.
Ciptakan Keseimbangan
Buatlah keseimbangan antara pekerjaan,
keluarga dan hobi pribadi. Jika anda lebih mengutamakan karir saja. Maka
inilah saatnya bagi anda untuk mengubah pola pikir. Karena menempatkan
karir di atas segalanya akan berakibat buruk untuk jangka waktu yang
panjang.
Berbagi dengan orang lain
Di saat anda mulai merasa tertekan dalam
pekerjaan, berbagilah cerita dengan orang lain, misalnya dengan anggota
keluarga, teman ataupun orang lain yang anda percayai. Karena bukan
anda saja yang pernah mengalami masalah dengan pekerjaan. Berbagilah dan
mendapat dukungan dari orang lain merupakan salah satu cara paling
ampuh untuk mengatasi masalah yang sedang anda alami.
Melakukan sesuatu yang baru
Terkadang kebosanan memegang peranan penting dalam pekerjaan anda.
Untuk mengatasinya, cobalah untuk
mempelajari hal-hal baru dalam pekerjaan anda atau meninjau bidang lain.
Perdalam ilmu anda dengan mempelajari pekerjaan lain. Jangan ragu untuk
mengetahui sesuatu yang baru, meskipun pada kenyataanya hal tersebut
tidak ada hubungannya dengan profesi yang anda geluti sekarang ini.
Mintalah tambahan pekerjaan
Mungkin anda mulai merasa jenuh karena
sudah tidak mendapatkan tantangan lagi dari tugas yang ada kerjakan
sekarang ini. Kalau memang demikian, mintalah tambahan proyek pada
atasan anda. Jika atasan anda tidak menanggapi, maka carilah proyek yang
sesuai dengan minat dan bakat anda, tentunya setelah mendapat
persetujuan dari atasan anda.
Delegasikan tugas
Yang ini kebalikan dari point
sebelumnya. Bagaimana jika anda mendapat tugas yang terlalu banyak dan
anda tidak mampu mengerjakannya? Untuk itu, mulailah membagi tugas anda
kepada orang lain, dan jangan ragu untuk menolak proyek baru yang
ditawarkan kepada anda, seandainya anda masih memiliki tugas yang
menumpuk.
Uraian di atas merupakan cara menghadapi stress dalam pekerjaan. Anda
harus bisa menghadapi masalah yang anda alami dengan kepala dingin.
Cobalah tips di atas dan semoga anda bisa dengan cepat mengatasi masalah
di tempat kerja anda.
0 komentar:
Posting Komentar