Kamis, 02 Agustus 2012

Cara Menangani Patah Tulang

Cara Mengatasi Patah Tulang pada Anak-Anak, kalimat tersebut merupakan topik yang akan saya bagikan kepada Anda semua, khususnya pada Anak-anak. Tips yang saya berikan ini khusus saya berikan pada anak-anak dan saya kategorikan pada “Dunia Anak” di blog saya. Langsung saja kita bahas mengenai  Cara Mengatasi Patah Tulang pada Anak-Anak.
Apakah adik-adik mengetahui apa itu tulang? Dan apa fungsi dari tulang ini?

Tulang
Baik, kali ini kakak akan menjelaskan sedikit mengenai Tulang. Tulang merupakan bagian dari tubuh kita yang paling keras, fungsi tulang ini juga untuk menopang tubuh Kita supaya tubuh Kita bisa berdiri dengan tegak. Coba bayangkan, jika tubuh adik-adik tidak memilik tulang pastinya Adik-adik akan berjalan seperti siput yang memang tidak memiliki tulang. Tulang sendiri sudah mulai terbentuk sejak adik-adik bayi bahkan sejak adik-adik masih dalam kandungan ibu kalian masing-masing. Dan tulang yang ada dalam tubuh adik-adik akan terus tumnuh dan bertambah kuat terus setiap waktunya.
Tetapi jangan salah sangka dulu, meskipun tulang itu merupakan bagian tubuh kita yang terkuat tapi tulang juga bisa bengkok atau yang paling parah itu adalah sampai Patah Tulang, menakutkan ya tentunya..! Patah Tulang bisa terjadi karena adanya benturan keras pada saat adik-adik terjatuh. Maka dari itu apabila adik-adik sedang bermain pilih permainan yang aman-aman saja, jangan bermain pada tempat-tempat ketinggian atau pun tempat-tempat yang membahayakan. Apa yang terjadi saat adik-adik Patah Tulang? Kakak akan mencoba menjelaskannya, reaksi yang pertama adalah seluruh tubuh adik-adik akan kaget. Syaraf tubuh langsung mengirimkan tanda bahaya ke otak. Adik-adik tentunya akan merasa gemetar, kedinginan, dan takut, hal tersebut akan biasa terjadi pada saat adik-adik mengalami Patah Tulang. Ini terjadi karena tubuh adik-adik sedang mengalami reaksi terkejut yang di sampaikan oleh reseptor yang ada pada otak ke tubuh adik-adik. Lebih mudahnya, pada saat tubuh adik-adik merasa kesasakitan,itu adalah tanda dimana tubuh adik-adik sedang mengerang kesakitan, dan berusaha untuk mengingatkan adik-adik untuk cepat-cepat mengobatinya.
Berikut ini kakak akan menunjukkan tanda-tanda Patah Tulang:
  • Bengkak.
  • Memar.
  • Warna pada sekitar bagian yang mengalami Patah Tulang akan membiru.
  • Otot jadi lunak di bagian yang patah tulang.
  • Mati rasa pada bagian yang mengalami Patah Tulang.
Menakutkan ya.. memang pada saat adik-adik terjatuh dan mengalami Patah Tulang, reaksi yang sering kali nampak adalah bengkak dan tiba-tiba akan muncul bintik-bintik biru pada kulit. Pada saat mengalami benturan keras bagian yang Patah Tulang itu akan mengalami mati rasa untuk sementara.
Nah.., kali ini kakak akan memberikan tips untuk mengatasi Patah Tulang. Jika adik-adik mengalami patah tulang, jangan bergerak sembarangan, karena pada tulang yang patah akan semakin parah jika di gerakkan dengan sembarangan. Yang perlu adik-adik lakukan adalah:
  • Usahakan adik-adik tetap tenang.
  • Carilah tempat yang nyaman dan aman untuk membaringkan badan adik-adik.
  • Berusahalah untuk memberitahu orang tua adik-adik atau orang-orang di sekitar adik-adik untuk meminta pertolongan.
  • Jika baju harus di ganti, sebaiknya gunting saja baju adik-adik pada bagian tulng yang patah.
  • Bergegaslah untuk ke dokter, supaya mendapat pertolongan dengan cepat.
"Berhati-hatilah jangan bermain tanpa pengawasan orang tua"
Demikian tips dari kakak mengenai Cara Mengatasi Patah Tulang pada Anak-Anak, penting untuk adik-adik ingat..! “Jangan pernah bermain di tempat-tempat yang membahayakan ataupun di tempat-tempat yang tinggi, dan berhati-hatilah pada saat bermain jangan lupa turuti apa kata orang tua kalian”.  Sekian dan terimakasih..

1 komentar:

  1. adakah ramuan resep untuk membuat sendiri obat oles untuk patah tulang kaki.
    kawan saya kakinya patah akibat benturan dengan pembatas jalan.
    kaki kanannya bengkak dan patah pada tulang betis

    BalasHapus